Minggu, 17 Desember 2017

Begini Perkembangan Bayi Usia 4 Bulan

foto:solusisehatku.com

Pada perkembangan bayi usia 4 bulan akan semakin cepat. Seiring dengan indra yang membaik, pencernaannya yang semakin matang dalam mengolah makanan, bayi Anda akan mulai belajar lebih jauh. Mereka mungkin akan mengalami tahap awal pengembangan dalam berbicara dan bahkan mungkin memiliki tanda awal pertumbuhan gigi pertamanya. Anda bisa mengajarkannya berbicara, bermain dan lainnya, bisa dibilang dia sudah mulai menyesuaikan dengan kondisi lingkungannya.

Indra pada bayi empat bulan
Bayi usia 4 bulan sudah tertari dengan apapun, mulai dari tekstur halus, kasar dan berbulu dan lainnya. Pada tahap ini sebagian besar benda yang disentuh, apapun teksturnya, akan langsung masuk ke mulutnya. Terkadang dia akan memukul wajah dengan mainan dan tangisannya. Perkembangan bayi usia 4 bulan pada penglihatannya sudah lebih luas. Bayi Anda lebih bisa membadakan warna, nuansa yang lebih akurat. Mereka juga sudah mengenal mainan dengan warna yang disukai.

Kemampuan motorik bayi usia empat bulan
Saat usia 4 bulan, bayi anda sudah bisa berbicara dengan suara vokal dan konsonan p dan b. Bayi Anda mungkin juga bisa meniru suara yang Anda buat. Seperti saat Anda mengatakan boo, dia mencoba untuk mengatakannya kembali. Di usianya yang semakin besar, bayi Anda akan lebih senang berguling membolak-balikkan badannya. perkembangan bayi usia 4 bulan memang begitu cepat dan terkadang dia sudah berusaha untuk duduk. Saat-saat inilah Anda harus selalu mendukung dan memberinya nutrisi yang tepat. 

Perkembangan bayi usia 4 bulan lainnya
Bayi Anda mungkin telah mendapatkan gigi pertamanya setiap saat dari tiga bulan sampai satu tahun. Dia mungkin mulai menggerogoti kepalan tangannya, menggosokkan gusinya dan menggigit apa yang dia masukkan ke dalam mulutnya. Saat usia 4 bulan ini perkembangan organ pencernaannya sudah lebih besar, sehingga dia membutuhkan lebih banyak susu untuk dikonsumsi.

Bagaimana Anda bisa membantu bayi Anda berkembang pada bulan keempat?
·         Anda bisa merangsang sentuhan sentuhan bayi Anda dengan menggunakan berbagai bahan. Cobalah menggunakan bulu, tisu, beludru dan handuk.
·         Dorong bayi Anda untuk mengeksplorasi dan bermain dengan berbagai benda. Berikan mainan ringan yang bersih dan perhatikan suaranya saat bermain.
·         Perkenalkan musik pada bayi Anda, karena terbukti bahwa musik dapat memberi manfaat positif bagi perkembangan intelektual dan sosial anak-anak.
Tetaplah berada disisinya dan ikuti perkembangannya, nikmatilah menjadi orang tua baru.
    

0 komentar:

Posting Komentar