Minggu, 17 Desember 2017

5 Tips untuk Menjaga Dapur Bersih dan Higienis

ilustrasi dapur bersih foto:perumahankita.com

Sebuah studi menunjukkan bahwa dapur adalah tempat bersarang kuman atau bakteri penyebab penyakit. Sangat penting setiap rumah menjaga agar dapur bersih dan higienis. Sehingga, makanan atau masakan tetap aman dari mikroorganisme tersebut. Sebagian orang lupa bahwa dengan membiarkan dapur kotor sama saja membawa penyakit bagi diri sendiri dan keluarga. Nah, bila Anda sudah sadar akan kebersihan dapur, ikuti yuk cara di bawah ini!

Cuci tangan
Cuci tangan Anda saat berada di dapur baik itu memasak atau mencuci piring. Pastikan tangan Anda bersih. Kuman menyebar dengan sangat mudah melalui tangan dan makanan. Sehingga memiliki tangan yang bersih sebelum melakukan persiapan makanan atau memasak sangat penting. cuci tangan saat menyentuh daging mentah, setelah pergi ke toilet dan setelah menggunakan tempat sampah dapat membantu mengurangi penyebaran bakteri berbahaya seperti E. coli dan salmonella. Menggunakan sabun anti bakteri dan tisu merupakan langkah yang tepat untuk dapur bersih dan higienis

Masak dengan benar
Mungkin bagi serang koki sudah tahu bagaimana memasak makanan yang benar. Tapi bagi orang awam seperti kita, pengetahuan itu belum dipahami. Memasak makanan dengan cara yang tidak benar bisa menyebarkan kuman penyakit. Masaklah daging sapi atau ayam dengan matang. Karena kebanyakan penularan bakteri berbahaya melalui makanan ini. Pastikan daging Anda benar-benar matang. 

Penyimpanan
Penyimpanan makanan yang benar di dapur sama pentingnya dengan memasak yang benar. Saat menyimpan makanan di lemari es atau pendingin pastikan makanan berada pada suhu kamar atau lebih rendah. Menempatkan makanan hangat di lemari merupakan langkah yang salah dan karena bisa menyebabkan keracunan makanan. Tutupi makanan karena makanan yang ditinggalkan di tempat terbuka rentan terhadap bakteri.

Mencuci Buah dan Sayuran
Tips membuat dapur bersih dan higienis selanjutnya adalah cuci hingga bersih buah dan sayuran sebelum digunakan. Mencuci buah dan sayuran dapat membantu menghilangkan kuman dan bakteri berbahaya dari permukaan makanan.

Membersihkan dapur
Setelah masak, pembersihan sangat penting. Rata-rata papan potong dapur terdapat 200% bakteri lebih banyak daripada rata-rata toilet. Maka, cucilah selalu papan potong dengan sabun cuci piring yang tepat. Setelah itu, bersihkan semua peralatan makan dan masak. Jangan biarkan kotor saat Anda meninggalkan dapur. Kebersihan wastafel juga penting, maka harus Anda bersihkan setelah menggunakannya untuk mencuci piring. Lantai dapur juga tak boleh luput dari perhatian Anda.

0 komentar:

Posting Komentar