Minggu, 26 Maret 2017

Sertifikat Deposito, Apa dan Seperti Apa Kegunaannya



Bagi para berbisnis yang menjalankan bisnis, sertifikat deposito menjadi hal yang cukup penting dalam menjalankan bisnisnya. Lalu apa sebenarnya dan fungsi dari sertifikat tersebut dalam menjalankan bisnis? Ini menjadi salah satu layanan keuangan yang biasanya diberikan oleh pihak bank atau beberapa pihak lembaga keuangan lain yang menjadi bentuk pinjaman uang.
Layanan ini juga memiliki jangka waktu yang mana sudah menjadi kesepakatan antara pihak investor dengan pihak yang menerbitkan deposito ini. Jangka waktu yang berlaku cukup bervariasi dan biasanya antara 2, 3, 6 bulan dan bahkan hingga jangka waktu 1 tahun. 

Selama ini masih banyak masyarakat yang beranggapan bahwa sertifikat ini merupakan bukti kepemilikan dari deposito tapi kenyataannya tidak seperti itu. Jadi, pada saat seorang nasabah membuka sebuah deposito maka yang akan diterima adalah berupa bilyet  deposito dan bukanlah sertifikat seperti yang mereka kira. Lalu apa dan seperti apa gunanya sertifikat tersebut?
Sertifikat merupakan sebuah alat yang bisa digunakan sebagai alat yang diperjualbelikan. Ini berarti sertifikat bisa berpindah tangan sebab di dalam sertifikat deposito ini tidak ada nama dari nasabah yang tercantum didalamnya. Jadi nanti siapa saja yang menjadi pemilik sertifikat ini bisa menggunakannya untuk mendapatkan uang dari bank sesuai dengan jumlah yang terdapat pada keterangan sertifikat tersebut. sertifikat ini memiliki bunga dimana suku bunganya wajib dibayar semenjak pengajuan awal.
Dalam perpanjangan, sertifikat membutuhkan prosedur yang khusus untuk dapat memperpanjang-nya. Prosedur ini biasanya diberikan oleh pihak bank atau pihak lembaga keuangan yang memberikan deposito kepada investor. Sertifikat semacam ini saat ini juga sudah banyak dijalankan oleh beberapa bank konvensional dan juga bank syariah sehingga bisa dengan mudah untuk diperoleh.
Penggunaan sertifikat semacam ini tidak luput dari kekurangan meskipun juga memiliki banyak kelebihan. Salah satu kelebihan dan sertifikat ini adalah para nasabah bisa membuat investasinya sendiri dari bungan yang sudah diperhitungkan bersama dengan bank pada satu lokasi dan juga bisa pada lokasi bisnis yang lain. Ini akan membuat nasabah bisa mendapatkan keuntungan lebih besar dari nilaicpada nilai investasi. Karena sertifikat ini bisa dipindah tangkankan maka sertifikat ini bisa dijadikan sebagai sebuah jaminan atau menjadi alat untuk diperjualbelikan sebagai jaminan investasi.
Seperti halnya mata uang yang memiliki dua sisi, sertifikat ini juga memiliki kekurangan yaitu denda. Denda ini biasanya bisa terjadi apabila seorang nasabah pada saat sebelum  batas waktu yang sudah disepakati sudah mencairkan dana. Meskipun demikian, masyarakat tidak perlu khawatir untuk mengajukan sertifikat deposito ini karena keamanannya sudah dijamin oleh pemerintah dengan menyertakan hal tersebut ke dalam LPS dan dapat terhindar dari para oknum yang tidak bertanggung jawab.

0 komentar:

Posting Komentar